Sabtu, 26 Januari 2013

Dapat Ide Dari Mana?

Pertanyaan dari kamu yang sampai sekarang masih keinget. Awalnya sih kemarin pengen jawab "Dari kamu" tapi ntar ketahuan bohongnya :p (beuh disini doang berani ngomong padahal aslinya cuman bisa diam g tau gimana harus jawabnya)

Well... Ide bisa berasal darimana saja, proses menuangkan ide kedalam bentuk tulisan itu beda lagi.

Beberapa waktu lalu, saya ikut kegiatan jumpa fans (well short of) dengan seorang penulis yang sharing tips dan trik menulis.

Menulis merupakan sebuah proses belajar. Semakin banyak kita berlatih, maka semakin bagus pula tulisan kita. Hampir tidak ada orang yang sukses membuat tulisan bagus di percobaan pertama. Tapi dengan banyak berlatih dan introspeksi terhadap tulisan-tulisan terdahulu maka tulisan kita akan semakin bagus.

Seperti halnya yang dikatakan Paulo Coelho (yang mengutip banyak penulis besar lainnya) bahwa "buku itu menulis sendiri, penulis hanya mengetiknya". Sebuah ide datang kepada kita, namun bagaimana jalannya ide tersebut kita tidak pernah tahu. Dengan semakin banyak berlatih menulis kita akan semakin banyak mengalami hal tersebut. Betapa kata-kata, kalimat yang tersusun di layar monitor/ kertas tiba-tiba berubah tidak sama persis dengan yang ada di kepala kita sebelumnya. Hal ini terjadi baik pada tulisan fiksi maupjn non fiksi (yang menyusun paper, skripsi ataupun tugas kuliah secara mandiri saya yakin pasti mengalami hal ini, berbeda kalau hanya sekedar copy paste).

Banyak-banyak membaca dan jadilah pendengar yang baik. Walaupun ide sering kali muncul tak terduga dari mana saja dan kapan saja, namun sering kali kita butuh sebuah pancingan agar ide datang kepada kita. Dengan banyak membaca (apapun itu bacaannya entah koran, majalah, buku, blog atau bahkan tweet) akan membuka pikiran kita sehingga ide itu akan datang ke kita.

Mendengar dengan baik. Bagaimana mendengar yang baik itu? Fokuskan perhatian kepada orang yang berbicara. Ambil inti pembicaraan dari orang tersebut dan ajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan pembicaraan. Latih kedua hal tersebut dan anda akan mendapatkan berjuta ide untuk anda tulis.

Dalam menulis sering kali kita menghadapi writer's block atau mati ide saat menulis. Don't worry it happen to every writer in the world. Bahkan penulis terbaik di dunia sekalipun pernah mengalami hal ini.

Bila hal in terjadi, take your time, tutup aplikasi yang anda gunakan untuk menulis, lupakan sejenak tentang tulisan anda. Do something else, apakah itu bermain game, jalan-jalan atau aktivitas lain yang anda sukai (as for myself I'll go to the kitchen and cook). Setelah anda merasa segar, buka kembali document tulisan anda.

Mulailah dari sesuatu yang sederhana. Kalau kita banyak membaca buku kita akan temui bahwa main idea/ide utama dari tulisan-tulisan tersebut adalah hal sederhana. The Alchemist nya Paulo Coelho misalnya, ide utamanya adalah perjalanan seorang pengembala untuk mencari harta karun. Kemudian dikembangkan dalam perjalanannya dia bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter, mengalami berbagai peristiwa. Dan pada akhirnya selain dia menemukan harta karun  yang dia cari selama ini, dia juga mendapatkan harta yang paling berharga di dunia yaitu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Last but not least always remember "Menulis adalah sebuah proses yang tidak instant, masing-masing dari kita memiliki waktu kita sendiri. Just enjoy the process.

Happy writing :)

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cerita Fin - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger